Sabtu, 25 Januari 2014

Teknik pencahayaan dalam fotografi

  • High Key Light
High key lighting adalah teknik memfoto dengan nuansa cahaya terang. biasanya yang jadi objek teknik ini adalah manusia, karena pencahayaan pada objek manusia sangat penting untuk menghidupkan suasana agar terlihat nyata. biasanya untuk foto bernuansa cerah, senang, gembira dan cantik.

Contoh High key light


  •  Low Key Light
Low key lighting adalah teknik teknik untuk memfoto dengan pencahayaan gelap. sama seperti High key lighting, teknik ini digunakan untuk menghidupkan suasana agar terlihat nyata. Teknik low key digunakan untuk nuansa misterius,kesedihan, eksotis dan mistis. Misalnya foto duka, foto yang menyeramkan dan potrait misterius.
Contoh Low key light
                       
  •  Candle Light
Sumber cahaya pada teknik ini biasanya menggunakan sumber cahaya dari lilin atau sumber cahaya yang lain mirip dengan lilin. Hal yang ingin ditonjolkan dalam teknik ini adalah memberi kesan dalam, kuat, damai, dan teduh.teknik ini kebanyakan digunakan untuk foto-foto religius dan jenis foto lain yang ingin memberikan kesan damai dan teduh seperti karakter lilin.

Contoh Candle light

  • Split Light
Teknik ini menggunakan cahaya dari salah satu sisi objek. Hasilnya nanti foto akan terlihat hanya separuh dari objek yang sebenernya. kesan yang ditimbulkan bermacam-macam, tergantung dari keperluan foto.

Contoh Split light
  • Horror Light
teknik ini mirip sama teknik low key dan split light. Yang membedakan cuma sudut pengambilan foto, sudut penataan cahaya dan ekspresi objek. kebanyakan sih cahaya lampu ditaruh dibawah objek.

Contoh Horror light

  • Butterfly Light
teknik ini biasa digunakan untuk mengiklankan kosmetik karena menonjolkan kecantikan objek. Dengan meletakkan lampu utama di atas objek akan dihasilkan foto dengan bayangan dibawah hidung mirip dengan kupu-kupu.
Contoh Butterfly light

  • Rembrandt Light
jenis pencahayaan ini banyak digemari karena menghasilkan foto yang lebih berdimensi. Bentuk pencahayaan teknik ini menghasilkan bentuk segitiga agak kontras disamping hidung atau dibawah mata. Rembrandt light menggunakan satu atau dua lampu yang ditambah dengan reflector. teknik ini memberi kesan yang lebih berkarakter pada objek.
Contoh Rembrandt light




Jangan sungkan untuk berkomentar yaaach! :)


   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar